Jumat, 18 September 2020

Ingin Berwisata ke Taman Nasional Wakatobi ? Simak Informasi Lengkapnya

September 18, 2020 | Berkomentar
Ingin Berwisata ke Taman Nasional Wakatobi? Simak Informasi Lengkapnya
Sumber: https://www.yuktravel.com/

The Little Paradise in The World atau Surga Kecil di Dunia, ini adalah sebutan yang disematkan kepada salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara, Wakatobi. Sebutan ini disematkan bukanlah tanpa alasan. Wakatobi merupakan taman nasional dengan kekayaan biota laut terbesar sekaligus terindah di dunia. Berada di dalam segitiga karang dunia, Wakatobi merupakan pusatnya. Nama Taman Nasional Wakatobi merupakan akronim dari awalan nama pulau yang menyusunnya yakni Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Setiap pulau yang berada di Taman Nasional Wakatobi ini mempunyai harta karun dan sejarahnya masing-masing yang sama indahnya. 

Jantung Karang Dunia

Sumber: https://bisniswisata.co.id/

Wakatobi merupakan habitat bagi 90% jenis karang yang ada di dunia. Dari 820 jenis karang yang ada di dunia, 750 jenis di antaranya ada di Wakatobi. Selain itu, laut Wakatobi juga menjadi tempat hidup bagi 942 jenis ikan. Itulah mengapa taman nasional ini menjadi tempat menyelam kelas dunia. Dan pada tanggal 11 Juli 2012, UNESCo telah menetapkan Taman Nasional Wakatobi sebagai ‘Cagar Biosfer Bumi’ yang kedelapan di Indonesia. 

Rute dan Transportasi Ke Wakatobi

Bagi Anda yang berasal dari luar pulau Sulawesi bisa menggunakan transportasi udara menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar atau turun di Bandara Haluoleo di Kendari. Dari bandara ini Anda pun bisa melanjutkan perjalanan dengan pesawat lagi menuju ibukota Wakatobi, Wangi-Wangi. Perjalanan udara dari Kendari menuju Wangi-Wangi biasanya memakan waktu hingga 50 menit lamanya. Bisa juga memanfaatkan transportasi kapal cepat, juga dari Makassar dan Kendari. Dengan moda transportasi yang satu ini Anda bisa menghemat anggaran. Namun waktu tempuhnya jauh lebih lama sekitar 7 jam dibandingkan menggunakan pesawat. Sesampainya Anda di Wangi-Wangi, untuk menuju penginapan bisa menggunakan taksi atau ojek. Tetapi taksi di sini tidak memakai argo sehingga disarankan untuk melakukan survei harga terlebih dahulu. 

Akomodasi di Wakatobi

Ada beragam jenis penginapan yang ditawarkan, mulai dari penginapan harga terjangkau hingga resort mahal. Yang paling murah bisa dengan menginap di rumah warga dengan biaya sekita IDR 50.000 per malam. Untuk hotel standar, harga sewanya hampir sama dengan daerah lain yakni berkisar antara IDR 150.000 hingga IDR 300.000. Namun jika ingin menikmati yang lebih mewah bisa menginap di resort dengan harga sewa IDR 500.000 sampai IDR 1.500.000 per malam. 

Jika ingin yang lebih simpel, bisa mencoba paket wisata yang berkisar antara IDR 2.000.000 hingga IDR 4.000.000 juta per orang. Dengan paket wisata Anda tidak perlu repot mencari transportasi dan akomodasi karena sudah termasuk dalam paket yang Anda bayar. 

Rencanakan perjalanan Anda ke Wakatobi sekarang juga! Dijamin Anda tidak akan pernah menyesali keputusan untuk berkunjung ke pulau yang luar biasa mengagumkan ini.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar