Selasa, 13 Oktober 2020

Sedang Mengalami Pusing, Yuk Cari Tahu Penyebabnya Di SehatQ.Com

Oktober 13, 2020 | Berkomentar
Sedang Mengalami Pusing, Yuk Cari Tahu Penyebabnya Di SehatQ.Com

Gangguan kesehatan seperti pusing, lemas dan mual adalah kondisi yang umum dialami oleh hampir semua orang. Gejala yang ditampakkan umumnya bukan disebabkan oleh hal yang berbahaya, sehingga tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Karena, biasanya tanda tersebut bisa ditangani cukup dengan cukup istirahat dan nutrisi yang baik. Untuk antisipasi, yuk cari tahu penyebab pusing di SehatQ.com.
 

Penyebab Pusing

1. Migrain

Terdapat beberapa kondisi yang bisa menyebabkan timbulnya gejala pusing, bahkan terkadang diikuti oleh mual dan lemas. Jika mengalami tanda tersebut, maka salah satu kemungkinannya anda mengalami migrain. Umumnya, gangguan kepala tersebut menimbulkan rasa pusing yang hebat dan berdenyut pada sebelah bagian saja. kondisi tersebut bisa berlangsung selama beberapa jam bahkan harian.

Selain itu, migraine juga ditandai dengan pandangan mata terasa kabur atau berbayang, sensitif terhadap cahaya dan suara, sulit menyeimbangkan diri, serta muntah. Biasanya, penderita migrain juga memiliki vertigo, dimana orang yang mengalaminya akan merasa jika kondisi sekelilingnya seakan berputar. Jika anda ragu mengenai penyakit yang diderita, ada baiknya untuk konsultasi online dengan menggunakan fitur tanya dokter di aplikasi SehatQ.

2. Tekanan Darah Rendah

Selain migraine, orang yang mengalami tekanan darah tinggi juga akan mengalami sejumlah gejala yang mungkin tidak terasa nyaman, mulai dari pusing, lemas hingga mual. Tak hanya itu, gangguan kesehatan ini juga membuat penderita merasakan penglihatannya buram, terasa haus, kondisi pernapasan cepat dan pendek, kulit tampak pucat dan lembab, serta sulit berkonsentrasi. 

Munculnya penyakit ini bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah adanya masalah jantung, konsumsi obat tertentu, akibat cedera serius, dehidrasi, dan karena kekurangan vitamin. Untuk mengatasi kondisi tersebut, anda bisa melakukan berbagai tindakan mandiri, seperti menambahkan konsumsi garam dalam pola makan, minum banyak air agar meningkatkan volume darah, dan menggunakan stocking kompresi.

3. Neuritis Vestibular

Ketika mengalami infeksi saluran nafas seperti pilek dan flu, biasanya akan menyebabkan radang pada saraf vestibular pada telinga bagian dalam. Kondisi peradangan tersebut bisa menimbulkan gejala pusing, bahkan mual, lemas dan vertigo. Selain itu, penderita juga akan merasakan tanda lainnya, seperti muntah, sulit berkonsentrasi, dan penglihatan kabur. Jika merasa gejala ini, sebaiknya konsultasi dengan menggunakan fitur tanya dokter jika tidak ke rumah sakit.

Gangguan kesehatan vestibular biasanya disebabkan oleh virus, oleh karena itu pengobatan dengan menggunakan antibiotik umumnya tidak banyak membantu. Langkah terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan perawatan untuk mengatasi flu dan pileknya. Selain itu, perlu ditambah dengan cukup istirahat serta konsumsi makanan yang bernutrisi. Biasanya, gejala tersebut akan segera membaik dalam beberapa hari.

4. Gegar Otak

Apabila setelah mengalami benturan merasakan gejala pusing, lemas dan mual, sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter karena bisa jadi anda mengalami gegar otak. Selain itu, ada pula gejala lainnya, seperti muntah, linglung, hilang ingatan, dan tanda lainnya. Jika masih ragu dengan kondisi yang terjadi, anda bisa melakukan konsultasi online dengan menggunakan fitur chat dokter yang terdapat di platform kesehatan Sehatq.com.

Ada berbagai penyebab yang bisa memicu hadirnya gejala pusing, lemas dan mual. Apabila anda merasakan ketiga tanda tersebut, dan tidak kunjung hilang meskipun telah cukup istirahat serta konsumsi asupan nutrisi, maka ada baiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter. Jika masih ragu penyebabnya, anda juga bisa konsultasi online melalui platform kesehatan terpercaya di Indonesia yang telah direkomendasikan.
Reaksi:
Kategori: ,

0 komentar:

Posting Komentar