Rabu, 09 Desember 2020

Agar Tetap Bersih, Yuk Rawat 2 Interior Mobil Ini!

Desember 09, 2020 | Berkomentar
Agar Tetap Bersih, Yuk Rawat 2 Interior Mobil Ini!

Mobil, baik itu yang dibeli secara tunai maupun kredit mobil bekas, tentu harus dirawat sedemikian rupa agar performanya tetap prima. Untuk itu, Anda sebagai pemilik harus rutin membersihkannya, terutama untuk bagian interior mobil. Meskipun tidak sekrusial bagian mesin, interior merupakan area yang esensial karena seluruh waktu Anda di mobil akan dihabiskan di area ini. Tentunya, bagian interior mobil harus dibersihkan secara rutin agar tak menjadi sarang kuman atau bakteri.

Terdapat 2 komponen interior mobil yang harus dijaga kebersihannya karena sering digunakan, yakni:

1. Dashboard

Dashboard merupakan salah satu tempat di dalam mobil yang kerap digunakan untuk meletakkan berbagai macam barang, misalnya makanan, minuman, tisu, dan lain sebagainya. Tentunya, bagian ini akan sangat mudah sekali kotor karena barang-barang yang Anda letakkan tersebut bisa mengotorinya. Untuk itulah, perlu dilakukan perawatan rutin agar dashboard tidak kotor dan tidak menjadi sarang kuman. Berikut cara membersihkannya:

  • Bersihkan dengan kemoceng. Supaya debu yang menempel pada dashboard mobil hilang, maka gunakanlah kemoceng. Tidak hanya membantu mengangkat debu, kemoceng juga dapat meminimalisir risiko munculnya goresan pada bagian dashboard tersebut jika dibersihkan menggunakan kain lap biasa. Ketika membersihkannya, bukalah pintu mobil Anda supaya debu tersebut tidak masuk kembali ke dalam mobil. 
  • Gunakan kanebo basah. Setelah membersihkannya dengan kemoceng, maka selanjutnya Anda bisa membersihkannya dengan kanebo basah. Kanebo basah dianggap sangat efektif membersihkan kotoran maupun debu yang menempel di permukaan dashboard. Untuk hasil yang maksimal, maka bersihkanlah sekitar 2 kali.
  • Gunakan vacuum cleaner. Untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau, disarankan Anda memakai vacuum cleaner berukuran kecil. Vacuum cleaner bisa membantu mengangkat semua debu maupun kotoran yang menempel pada bagian-bagian yang sulit dibersihkan tersebut. 

2. Door Trim

Sama halnya dengan dashboard, bagian door trim pada mobil juga sering dimanfaatkan untuk meletakkan berbagai barang. Bahkan, sampah sisa makanan maupun minuman sering dimasukkan ke dalam bagian tersebut. Oleh karena itu, door trim wajib untuk dibersihkan secara rutin agar tidak ada kuman maupun bakteri yang menempel di sana. Proses pembersihannya juga mudah, dengan melakukan beberapa hal ini, seperti:

  • Bersihkan terlebih dahulu permukaan door trim dengan vacuum cleaner agar debu maupun kotoran yang menempel hilang. 
  • Setelah itu, bersihkan bagian tersebut dengan cairan pembersih, kain, maupun sikat nilon. Hindari menggunakan cairan pemutih atau pelarut jika bahan pelapis door trim terbuat dari bahan plastik atau vinyl karena bisa merusak permukaannya.
  • Jika sudah dibersihkan, biarkan sampai cairan mengering baru kemudian beri conditioner khusus untuk mobil. Saran, conditioner ini diberikan jika bahan pelapis door trim terbuat dari bahan kulit, apabila menggunakan bahan kain atau vinyl sebaiknya jangan dikasih karena akan meninggalkan bekas dan ditakutkan nanti malah berjamur.
Itu dia 2 interior mobil yang sebaiknya dirawat secara rutin supaya tidak menjadi sarang kuman maupun bakteri.

Reaksi:
Kategori: ,

0 komentar:

Posting Komentar