Kamis, 11 Februari 2021

Swing AC Rusak? Yuk, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Februari 11, 2021 | Berkomentar
Swing AC Rusak? Yuk, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

AC atau Air Conditioner dengan bentuknya mulai dari yang sering ditemui seperti menempel di dinding hingga AC standing single split banyak digunakan masyarakat untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari; penyejuk ruangan di hunian hingga di tempat kerja. Menggunakan AC dinilai lebih efektif dibanding menggunakan kipas angin karena mampu memberikan udara yang segar secara menyeluruh serta udara yang dihasilkan juga lebih bersih dan sehat. Sama halnya dengan barang elektronik lainnya, AC juga dapat mengalami berbagai permasalahan atau kerusakan, baik itu yang berasal dari faktor internal maupun eksternal. 

Nah, salah satu masalah tersebut adalah swing atau sirip depan AC yang tidak bisa terbuka sehingga udara sejuk yang dikeluarkan AC menjadi terhambat. Terdapat dua penyebab yang membuat swing tersebut tidak mau terbuka, di antaranya: 

1. Motor swing rusak

Masalah pertama karena motor swing pada AC rusak. Rusaknya motor pada swing ini tentunya akan berpengaruh karena motor inilah yang menjadi penggerak untuk menutup dan membuka swing saat AC dinyalakan atau dimatikan. Meski AC tetap bisa dinyalakan, akan tetapi jika bagian swing ini tidak dapat membuka maka bisa dipastikan udara sejuk yang dihasilkan AC tidak akan bisa menyebar ke seluruh ruangan.

Untuk itu, supaya hal tersebut tidak terjadi maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru dan jangan menservisnya karena motor swing memiliki ukuran yang sangat kecil. Jika salah melakukan perbaikan, ditakutkan nanti malah bisa membuat AC rusak. Biasanya, terdapat dua jenis motor swing yang bisa digunakan seperti kabel berukuran pendek dan panjang. Untuk kabel pendek berarti motor swing berada di sebelah kiri, sedankan yang panjang berada di bagian kanan.

2. Swing AC patah

Dalam beberapa kasus, bisa tersebut swing patah atau retak pada bagian ujungnya. Bagian yang dimaksud adalah lingkaran di ujung yang ditancapkan dengan motor swing. Lantaran terbuat dari material plastik, maka membuat swing tersebut lebih mudah rapuh karena dimakan usia atau mungkin terkena benturan yang tidak disengaja.

Untuk mangatasinya, pastikan bila patahan dari swing tersebut masih ada dan tidak hilang sehingga dapat direkatkan kembali. Lalu, tuangkan lem pada bagian patahannya, tunggu hingga kering dan tancapkan kembali swing pada motor swing dan coba nyalakan kembali AC-nya.

Nah, demikianlah penyebab dan juga cara mengatasi problem jika swing AC rusak. Semoga bermanfaat!

Kategori: ,

0 komentar:

Posting Komentar